Thursday 2 May 2019

Grebeg Onje, sebuah Ritual di Desa Onje Purbalingga

Untuk melestarikan budaya luhur yang berpotensi sebagai wisata religi itu, semenjak tiga tahun lalu, prosesi menjelang Ramadan itu dibalut dalam rangkaian ritual budaya Grebeg Onje, sebuah rangkaian ritual yang menandai akhir bulan Sa’ban dan menyambut datangnya puasa atau Ramadan.

Grebeg Onje tahun ini digelar mulai 1 Mei hingga 3 Mei 2019 di Desa Onje Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga. Rangkaian kegiatan hari pertama dimulai pukul 09.00 WIB dengan kegiatan pembukaan dan kuliner jajan pasar. Acara dengan atmosfer wisata religi ini lantas dilanjutkan dengan prosesi ziarah kubur. Kemudian, pukul 13.00 WIB, diadakan napak tilas sejarah Onje.

Desa Onje, Kecamatan Mrebet dikenal dengan wisata religinya yaitu Makam Adipati Onje, pemimpin masa lalu cikal bakal Purbalingga ada di sini. Disamping itu, yang tak kalah penting adalah bahwa jejak syiar agama Islam di Jawa Tengah bagian barat yang bisa dirunut dari keberadaan Masjid Raden Sayyid Kuning, penyebar agama Islam yang lantas dikenal dengan sebutan Islam Aboge juga berada di Desa Onje ini.

Makanya, tidak aneh jika masyarakat Desa Onje sejak puluhan tahun lampau memiliki ritual khusus menyambut Ramadan. Sudah menjadi tradisi, masyarakat menggelar syukuran dalam bentuk nasi penggel yang diberikan kepada para kerabat.


Prosesi budaya hari kedua dimulai pukul 08.00 dengan ritual pengambilan air dari tujuh sumber mata air, dilanjutkan dengan jodangan dan grebeg gunungan palawija. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pentas seni tradisional yang bertempat di lapangan Desa Onje.

Malamnya, sekitar pukul 19.30 WIB digelar prosesi penggelan di Jalan Tepus Rumput. Dilanjutkan dengan seni Begalan di Masjid Raden Sayyid Kuning. Kemudian Mandi Suci di Kedung Pertelu di sungai Jojok Telu.

Tak berhenti di situ, ada pula prosesi babar penggel atau grebeg penggel. Kemudian untuk hari ketiga akan digelar hiburan rakyat tradisional yakni musik calung yang dimulai pukul 13.00 di Lapangan Desa Onje.

Rencananya kegiatan hari kedua akan dihadiri oleh Bupati Purbalingga, Ibu Dyah Hayuning Pratiwi, SE., B.Econ., M.Si

No comments:

Post a Comment