Monday 22 February 2016

Sensus Ekonomi 2016 (SE 2016)


Apa itu Sensus Ekonomi ?
Sensus atau pendataan yang diselenggarakan di seluruh wilayah Indonesia yang mencakup semua aktivitas dan skala ekonomi (kecuali sektor pertanian).

Kapan Pelaksanaannya ?
1 – 31 Mei 2016

Mengapa Harus Dilakukan ?
Sensus Ekonomi dilaksanakan untuk mendapatkan potret utuh perekonomian bangsa sebagai landasan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional maupun regional.
Sensus Ekonomi menghasilkan gambaran lengkap level dan struktur sektor ekonomi non-pertanian, berikut informasi dasar dan karakteristiknya. Selain itu, akan diketahui juga daya saing bisnis di Indonesia, serta penyediaan kebutuhan informasi usaha.



Metode dan Cakupan Sensus Ekonomi 2016
Pendataan seluruh sektor usaha secara menyeluruh (selain sektor pertanian) akan mampu menghasilkan gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi non-pertanian, berikut informasi dasar dan karakteristiknya.

Metode Pendataan Sensus Ekonomi 2016 
Meliputi:

  • Metode listing usaha/Perusahaan (Pencacahan dilakukan di seluruh wilayah NKRI, mencakup seluruh usaha ekonomi), 
  • Metode Pendataan Karakteristik Usaha Mikro (Pencacahan dilakukan secara sampel berdasarkan frame hasil listing SE2016), dan 
  • Metode Pendataan karakteristik Usaha Menenengah Besar (Dilakukan secara sensus untuk Seluruh usaha/perusahaan dengan skala usaha menengah dan besar).


Cakupan SE2016: 
Seluruh usaha/perusahaan non pertanian yang meliputi: Di lokasi tetap/permanen (mall, kantor, pasar, dll), Di lokasi tidak tetap (kaki lima, pasar kaget, dll), Usaha keliling, Di rumah tangga (warung).

Pelaku usaha:
Pemerintah (sekolah, rumah sakit), Lembaga nonprofit (tempat ibadah, organisasi sosial),Korporasi (perusahaan, restoran, supermarket, hotel), Di rumah tangga (online, sektor nonformal).

Manfaat Sensus Ekonomi 2016

  • Pelaku usaha : Mengetahui posisi, peluang serta daya saing usaha
  • Peneliti/akademisi : Sebagai bahan penelitian ilmiah dan pengamatan bidang ekonomi
  • Pemerintah : Sebagai landasan perencanaan, pengambilan serta evaluasi kebijakan
  • Masyarakat : Menerima manfaat dari kebijakan ekonomi yang diambil pemerintah

No comments:

Post a Comment